Faedah Mengkonsumsi Jeruk Nipis Setiap Hari

Selain itu jeruk nipis mampu memberikan manfaat pada kesehatan. Mulai dari peningkatan imunitas, hindari penyakit jantung sampai mencegah urin batu. B

Jeruk nipis adalah salah satu bahan tambahan masakan yang sering ditemukan di dapur. Buah ini memiliki rasa khas berupa kecut yang bisa memberi rasa segar terhadap makanan.

Di Indonesia sendiri banyak makanan yang akan terasa enak dimakan jika ditambahkan dengan perasaan jeruk nipis. Misalnya sambal, daging bakar, ikan bakar, mie instan, mie ayam, bakso atau sayuran berkuah.

Faedah Mengkonsumsi Jeruk Nipis Setiap Hari
Sumber: www.goinsan.com

Selain memberikan rasa segar pada makanan, jeruk nipis memiliki banyak kandungan nutrisi yang tentunya memiliki manfaat bagi tubuh manusia. Sebut saja salah satunya vitamin C yang jumlahnya bisa mencapai 22% dari angka kebutuhan gizi manusia per hari.

Selain itu jeruk nipis mampu memberikan manfaat pada kesehatan. Mulai dari peningkatan imunitas, hindari penyakit jantung sampai mencegah urin batu. Berikut adalah daftar efisiensi kapur untuk kesehatan tubuh Anda.

Manfaat mengkonsumsi jeruk nipis setiap hari

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Keuntungan dari jeruk nipis yang paling banyak terdiri dari peningkatan daya tahan. Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C alami yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Dengan mengkonsumsi jus jeruk nipis setiap hari, tubuh akan lebih sehat dan bugar dan bisa terhindar dari penyakit yang mengancam kesehatan tubuh.

2. Menjauhkan kanker

Jeruk nipis juga dipercaya mampu mencegah kanker karena memiliki kandungan liminoid yang mempu mangatasi senyawa radikal bebas dan hal ini bisa mengurangi risiko beberapa jenis kanker seperti leukemia, kanker lambung dan kanker usus besar.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jeruk nipis dapat mengurangi beberapa faktor risiko untuk penyakit jantung. Dengan peningkatan vitamin C, buah ini dapat membantu mengurangi hipertensi arteri, faktor risiko utama penyakit jantung.

4. Batu ginjal

Pernah mengalami penyakit batu ginjal? semoga tidak. Batu ginjal adalah sejenis mineral berbentuk kristal yang terbentuk dalam ginjal. Mineral ini akan memberikan rasa sakit saat buang air kecil.

Batu kristal mineral dapat terbentuk di ginjal ketika urin sangat terkonsentrasi atau ketika kita memiliki pembentukan mineral batu tingkat tinggi dalam urin, seperti kalsium.

Buah jeruk nipis mengandung asam sitrat yang tinggi, yang dapat mencegah batu ginjal dengan meningkatkan kadar sitrat dan membentuk batu ikatan mineral dalam urin.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang yang telah mengkonsumsi lebih banyak jeruk memiliki risiko batu ginjal yang jauh lebih rendah daripada mereka yang tidak melakukannya.

5. Membantu penyerapan zat besi (Fe)

Zat besi merupakan salah satu ion yang sangat dibutuhkan tubuh karena peranannya yang mengikat oksigen dan menyalurkannya ke jantung.

Kekurangan zat besi dalam darah dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. Dengan gejala seperti kelelahan, kesulitan bernapas selama berolahraga, kulit pucat dan kulit kering.

Mengalami defisiensi zat besi tentu merupakan hal yang sangat buruk. Maka dari itu kita perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi. Selain itu kita bisa mengkonsumsi jus jeruk nipis satu gelas perharinya karena menurut sebuah penelitian, hal itu bisa meningkatkan penyerapan zat besi sampai 70%

6. Melindungi sel-sel dari tubuh

Jeruk nipis memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi. Beberapa kandungan antioksidannya seperti flavonoid, limonoid, asam askorbic acid. Antioksidan ini sangat penting untuk menjaga sel tubuh dari serangan partikel radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Kerusakan sel tubuh ini bisa meningkatkan resiko seperti penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker.

7. Membantu membakar lemak

Salah satu senyawa antioksidan yang terdapat dalam jeruk nipis adalah asam sitrat. Senyawa ini dapat membantu proses metabolisme tubuh dalam mengubah lemak menjadi energi. Selain asam sitrat, vitamin C yang terkandung dalam kapur juga membantu membakar lemak.

Dengan mengkonsumsi jeruk nipis disertai dengan olah raga setiap hari tubuh akan menjadi lebih segar, penuh energi dan terbebas dari penumpukan lemak yang bisa mempengaruhi kesehatan.

8. Melancarkan pencernaan

Rasa kecut pada jeruk nipis dapat merangsang sekresi liur sehingga proses pemecahan makanan di mulut lebih mudah dicerna. Selain itu kandungan flavanoidnya juga merangsang sistem sekresi pencernaan dan aktivitas usus, sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

9. Menyeimbangkan pH tubuh

Salah satu kegunaan lain dari jeruk nipis adalah menjaga keseimbangan keseimbangan pH. pH adalah keseimbangan antara asam dan basa, penting untuk menentukan bahwa tubuh kita sehat atau sakit.

Ketika pH tubuh tidak seimbang, Anda mungkin bisa sakit. Konten jeruk nipis akan menyeimbangkan pH dalam tubuh dan akan membuat kita tetap bugar.

10. Mengoptimalkan kinerja otak

Mengkonsumsi jeruk nipis secara teraur dipercaya dapat membuat kinerja otak lebih optimal karena mengandungan magnesium dan kalsium. Selain itu jeruk nipis juga dapat mencegah dehidrasi, dengan demikian kita bisa semakin berkonsentrasi.

LihatTutupKomentar