Dampak Negatif Mengkonsumsi Bawang Putih Secara Berlebihan Bagi Tubuh

Mengkonsumsi bawang putih tentunya tidak serta merta membahayakan kesehatan, tetapi hanya jika dikonsumsi dalam kadar berlebih saja. berikut bahayanya

Bawang putih, siapa yang tidak kenal dengan sayuran, bumbu dapur, rempah yang satu ini. Sayuran berupa umbi yang beraroma khas ini ini cukup populer dijadikan salah satu bahan untuk memberi aroma pada makanan.

Bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun pernahkah Anda berpikir jika mengonsumsi bawang putih secara berlebihan sesungguhnya butuk untuk kesehatan?

Memang, bawang putih mengandung banyak nutrisi penting yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit. Namun, hal itu tidak berarti bahwa Anda dapat mengkonsumsi sayuran ini secara berlebihan.

Mengkonsumsi bawang putih dengan takaran berlebihan bisa memberikan efek samping pada tubuh yang sangat merugikan. Bahkan dalam kondisi ekstrim bisa membahayakan keselamatan.

Apa itu bawang putih

Bawang putih adalah tanaman yang digunakan sebagai bumbu dapur. Tanaman ini memiliki nama latin Allium Sativum dari genus Allium, masih satu genus dengan bawang merah. 

Penamaan bawang putih sendiri tidak hanya merujuk kepada tanaman ini secara keseluruhan, tetapi juga khusus untuk umbinya, bagian utama yang dijadikan bumbu dapur.

Kandungan bawang putih

Bawang putih kaya akan kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh. Bawang putih mengandung beragam vitamin, seperti vitamin C, B1 dan B6.

Tidak hanya itu, tanaman herbal ini juga mengandung mineral, seperti selenium, mangan, serat, besi, fosfor, kalium dan juga beberapa bahan aktif seperti sulfur, dyslfide, dan s-allyl cysteine.

Manfaat bawang putih

Bawang putih umumnya digunakan sebagai bumbu dapur. Aromanya yang khas membuat makanan seperti sayuran tumis menjadi lebih harum sehingga meningkatkan nafsu makan. Selain dijadikan bumbu dapur, tanaman ini juga dijadikan sebagai tanaman herbal, bahkan sudah eksis sejak jaman mesir kuno.

Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan oleh National Library of Medicine (NIH), ditukiskan bahwa bawang putih bisa berfungsi untuk menurunkan tekanan darah serta mencegah penyakit jantung. Selain itu herbal ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga resiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke bisa dikurangi.

Bahaya menkonsumsi bawang putih

Mengkonsumsi bawang putih tentunya tidak serta merta membahayakan kesehatan, tetapi hanya jika dikonsumsi dalam kadar berlebih saja. berikut bahaya dan dampak negatif yang ditimbulkan jika mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan:

1. Bau mulut

Bawang putih memiliki aroma khas dan sangat kuat. Hal ini disebabkan oleh kandungan sulfur yang ada di dalamnya. Mengkonsumsi belebihan bawang putih secara langsung atau pada makanan yang mengandung bawang putih bisa menyebabkan bau mulut.

2. Hipotensi

Bawang putih mampu menurunkan tekanan darah tinggi sehingga herbal ini baguis untuk mereka yang sedang mengalami hipertensi. Namun akan jadi berbahaya jika dikonsumsi bagi mereka yang sudah memiliki tekanan darah yang rendah.

3. Menyebabkan sakit kepala

Bawang putih mampu melepaskan zat neuropeptida yang akan merangsang saraf trigeminal. Hal ini akan menyebabkan sakit kepala.

4. Memperburuk infeksi jamur pada vagina

Salah satu manfaat dari bawang putih adalah sebagai antiseptik. Namun siapa sangka mengkonsumsi herbal ini secara berlebihan mampu memperburuk infeksi jamur pada organ intim wanita. Hal ini dikarenakan kandungannya mampu mengiritasi jaringan lunak pada vagina sehingga infeksi jamur akan semakin parah.

5. Menyebabkan gangguan lambung

Mengkonsumsi bawang putih sangat tidak cocok bagi mereka yang memiliki gangguan lambung. Mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan bisa menyebabkan muntah dan dehidrasi.

6. Menyebabkan gatal dan ruam merah

Beberapa orang alergi terhadap bawang putih. Reaksi alergi yang muncul bisa berupa gatal dan ruam merah. Dalam kondisi terburuk, reaksi alergi yang muncul seperti pada tenggorokan bisa mengakibatkan pembengkakan dan mempersempit saluran pernafasan. Hal ini pastinya bisa mengancam keselamata,

Jadi selain manfaat, bawang putih juga memiliki dampak negatif apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan.


LihatTutupKomentar